Tenda membrane ialah benda yang digunakan untuk melindungi bagian depan rumah atau tempat usaha, misalnya toko, rumah makan, cafe dan sejenisnya. Dengan benda tersebut, rumah Anda akan lebih terlindungi dari panas matahari dan hujan yang seringkali membuat teras rumah menjadi becek. Selain itu, membrane juga kerap dipasang pada pinggir kolam renang untuk beristirahat seusai melakukan olahraga air.

tenda membrane

tenda membrane

Selain sebagai alat pelindung, membrane juga digunakan untuk mempercantik halaman rumah dan kolam renang Anda.

Perkembangan Tenda Membrane

Sekarang ini, permintaan struktur tenda dan canopy sedang meningkat. Sejalan dengan perkembangan industri properti dan retail, dari sana lahirlah keinginan untuk membuat elemen arsitektural yang menarik. Dari situ, akhirnya canopy membrane mulai diproduksi. Alat tersebut banyak dilirik karena dapat memberi kualitas estetika yang lebih baik pada suatu bangunan atau area. Di negara-negara Timur Tengah, membrane biasanya digunakan pada acara-acara keagamaan. Di Indonesia sendiri, membrane sering dipasang pada bagian beranda masjid.

Tak hanya itu saja, penggunannya pun tengah marak di Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia dan beberapa negara di Asia Tengga lainnya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Tenda Membrane

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pemasangan membrane:

  1. Pilihlah membrane yang memiliki rangka berkualitas, mengingat nantinya akan dipasang di luar ruangan. Dengan rangka yang kuat dan kokoh, tenda tidak akan mudah rusak atau terjatuh.
  2. Cari vendor profesional yang menyediakan jasa pemasangan membrane atau kain kanopi. Bila membrane dirangkai oleh petugas yang sudah berpengalaman, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.
  3. Buat perjanjian dengan petugas, kapan pemasangan membrane bisa selesai. Jika memungkinkan, Anda dapat meminta mereka untuk menyelesaikannya lebih cepat. Apalagi bila tempat usaha akan segera dibuka.
  4. Pastikan produk berkualitas dan dijual dengan harga yang sepadan.

Tips Menyimpan Tenda Membrane

Di bawah ini langkah-langkah penyimpanan bahan membrane untuk digunakan di lain waktu:

  1. Bukalah lipatan-lipatan yang ada, kemudian gulung canopy membrane.
  2. Bersihkan dan keringkan semua pelengkapnya, seperti longdrat atau baut, sling dan sebagainya. Jangan menyimpan aksesoris tersebut bersama dengan bahan membrane supaya tidak mengakibatkan karat yang merebet ke seluruh bagian.
  3. Simpan membrane di tempat yang benar-benar bersih, kering dan bebas dari kondensasi apapun.
  4. Jangan membebani gulungan membrane dengan barang lainnya.
  5. Simpan pada suhu antara 10-30 derajat Celcius. Suhu di atas 30 derajat Celcius bisa mengakibatkan gulungan sulit dibuka karena bahan akan saling menempel. Pada situasi yang ekstrim, coating membrane bisa mengelupas. Sementara menyimpannya pada suhu di bawah 10 derajat Celcius bisa membuat membrane kaku dan mengkerut. Kondisi yang paling parah, membrane bisa mengeras dan patah.

Selalu lakukan pemeriksaan tenda membrane setidaknya enam bulan sekali untuk menjamin instalasinya tetap tetap terkontrol dari kotoran serta penyebab kerusakan lainnya. Besar atau kecilnya perhatian terhadap kondisi membrane tergantung pada:

Ekspos terhadap cuaca, hujan, angin dan sinar UV.

Tipe lingkungan, apakah berada di bawah pohon yang daun atau rantingnya bisa jatuh ke kain kanopi dan sebagainya.

Jenis serta intensitas polusi, apakah bahan membrane terpapar polusi dari jalan raya, pabrik dan sebagainya.

Posisi rangka pada tiang struktur tenda.

Supaya hunian Anda terlihat menarik, tidak ada salahnya untuk memasang membrane. Tapi, pastikan untuk menyesuaikannya dengan halaman, interior rumah, keadaan balkon dan sebagainya supaya dapat menambah keindahan dan menjadi daya tarik. Agar bisa awet dan tahan lama, Anda perlu memperhatikan kualitas bahan, perencanaan dan cara penyimpanan tenda membrane.