Awning Roll Untuk Mempercantik Tampilan Depan Rumah dan Cafe

Awning roll adalah eksterior yang berfungsi sebagai penutup, pelindung serta untuk memperindah bangunan. Canopy berbentuk seperti atap dan terbuat dari beraneka bahan, seperti kain kanvas atau benang polyester yang kuat. Pemasangan canopy didukung dengan stainless steel, kerangka besi dan sejenisnya. Umumnya, canopy diletakkan pada bagian depan pintu, balkon atau untuk melindungi mobil dari terik matahari dan hujan. Bentuk canopy semakin berkembang, menyesuaikan tren yang ada.
Mengenal Awning Roll
Awning roll atau awning gulung (retractable) saat ini telah menjadi kebutuhan bagi sebagaian besar orang untuk menambah estetika sebuah bangunan, baik itu rumah, kantor, toko, restoran dan tempat-tempat usaha lainnya. Pemasangan awning harus menyesuaikan tampilan keseluruhan bangunan supaya keberadaannya tidak merusak nilai estetika bangunan itu sendiri. Awning bisa dipasang tanpa memakai tiang dan sangat fleksible serta praktis.
Awning berbahan kain kanvas maupun terpal terpaulin banyak diminati karena selain penampilannya mewah, kualitasnya pun lebih tahan lama. Tapi, pemeliharaan dan perawatan tetap saja perlu dilakukan supaya awning tidak mudah kotor dan rusak meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun. Pembersihan kain awning bisa dilakukan 2-3 tahun sekali supaya tampak seperti baru. Tapi, jika Anda tidak sempat membersihkannya, awning jenis ini masih tetap terlihat bagus dalam 5-6 tahun ke dapan. Ketahanannya pun mencapai 10 tahun, bahkan lebih.
Di samping mampu menawarkan keindahan bagi eksterior rumah, kain canopy roll juga berfungsi untuk melindungi serta memberikan keteduhan dari terik matahari dan air hujan.
Tips Memilih Awning Roll
Awning gulung telah banyak dipilih karena memiliki desain yang unik dan menarik. Terutama canopy cafe yang menggunakan bahan kain sebagai daunnya, sehingga dapat diberi logo atau sablon tempat usaha. Tapi, tidak semua awning memberi kelebihan yang Anda mau. Berikut tips memilih awning yang bisa diterapkan sebelum membelinya:
Bahan
Bahan yang digunakan untuk membuat kanopi biasanya dari plastik atau seng. Tapi, akhir-akhir ini produsen lebih kreatif dengan memanfaatkan kain yang tahan panas serta hujan sebagai bahan utamanya. Jadi, walaupun berada di bawah terik matahari, udara di halaman rumah akan tetap sejuk. Disarankan untuk memilih bahan yang tahan lama dan menggunakan penyangga dari besi, galvanis dan stainless steel supaya awet.
Kualitas
Barang apapun yang Anda beli, kualitas adalah hal yang penting dan perlu mendapat perhatian. Ada canopy kain yang kualitasnya bagus, sedang dan biasa saja. Jika Anda memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk membeli awning berbahan kain yang kualitasnya paling baik. Tapi, bila belum sanggup, awning yang kualitasnya sedang pun bisa menjadi pilihan. Tidak perlu memaksakan diri, sebab dalam mendesain eksterior maupun interior rumah tentu membutuhkan banyak perlengkapan yang harus dibeli.
Merk
Selain kualitas, Anda harus memperhatikan merk awning. Merk yang bagus dan terpercaya tentu memiliki kualitas bahan yang bagus pula.
Harga
Produsen awning profesional tidak hanya ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan memberikan harga yang tidak logis. Tentu mereka akan mengutamakan kepuasan pelanggan demi kemajuan perusahaan. Wajar jika harga yang mereka tawarkan mahal apabila kualitasnya sepadan.
Supaya ketahanan masing-masing produk lebih lama, Anda harus memilih awning yang bahannya berkualitas. Selain itu, desain yang menarik dan up to date bisa menjadi pertimbangan supaya kesannya tidak monoton. Anda juga perlu mencari penyedia jasa yang profesional dan berpengalaman dalam memasang awning roll.

About the author
Hendra Setiawan
Open chat
Hallo!! ada yang bisa Kami bantu?